Multimedia merupakan
sebuah sarana yang sangat efektif dan ampuh dalam bidang pengajaran,
pendidikan, dan untuk meraih ke unggulan bersaing perusahaan ( promosi ).
Adapun bidang kehidupan yang sering memanfaatkan aplikasi multimedia pada saat
ini antara lain sebagai berikut :
1. Promosi
Untuk mempromosikan suatu produk, ide, atau gagasan, salah
satu cara yang dilakukan ialah dengan melakukan presentasi. Tim kreatif dari
sebuah perusahaan biasanya membentuk suatu bentuk presentasi multimedia yang
melakukan penawaran, menjual ide, ataupun ketika mengadakan sarana pelatihan.
2. Industri Kreatif
Di dalam industri kreatif, multimedia digunakan untuk
pembuatan iklan, pertunjukan seni komersial, hiburan, pembuatan film-film
dengan efek khusus, pembuatan film animasi, pembuatan game multimedia.
3. Pendidikan dan Penelitian Ilmiah
Di dunia pendidikan dan ilmiah, multimedia digunakan sebagai
media pembelajaran dengan mempproduksi modul – modul presentasi melalui cd
interaktif, pembuatan e-book mengenai materi pembelajaran, pembuatan modeling
dan simulasi, serta pembuatan jurnal multimedia.
4. Bidang Teknik
Sementara itu, dibidang teknik, multimedia melalui perangkat
lunaknya (software) digunakan untuk membuat object simulasi dan bentuk animasi
3 dimensi, selain itu digunakan untuk membuat gambar prototype, gambar teknik /
gambar tampak.
5. Dunia Industri
Untuk sector industri, multimedia digunakan untuk menyajikan
informasi bagi para pemegang saham, rekan kerja ataupun atasan. Multimedia ini
juga bermaanfaat untuk memberikan pelatihan karyawan, periklanan dan penjualan
produk di seluruh dunia yang hampir tidak terbatas melalui bata.
6. Bidang Kesehatan
Dalam bidang kesehatan. Para dokter sering dilatih dengan melihat
gambar virtual operasi melalui monitor, membuat simulasi tentang virus yang
berkembang, dan membuat gambar teknik untuk mencegahnya.
7. Gambar Dokumen
Gambar dokumen adalah pengumpulan gambar-gambar melalui
scanner dan kamera digital yang konversi dalam format digital
Keunggulan dari multimedia adalah
labih menarik bagi indra penglihatan dan pendengaran, karena terdiri atas
penggabungan unsur suar, gambar dan
gerak. Lembaga riset penelitian dan pengambangan Computer Technology Resech ( CTR ) menyatakan bahwa orang yang
mampu mengingat 20% dari penglihatan dan 30% dari apa yang didengan dan dan
dilihat sekaligus.
Menurut Munter (1982), multimedia
dapat memberikan sumbagan yang sangat besar dalam menambah minat, variasi,
dampak serta kemampuan mengingat lebih lama di bandingkan dengan pendengaran
saja atau penglihatan saja.
Munter menjelaskan bahwa observasi
yang mampu menyimpan memori minimal 85%, sedangkan data yang dikumpulkan dan
disimpan melalui penglihatan dan pendengaran sekaligus bisa melebihi batas
normal. Suatu penelitian menyatakan bahwa alat bantu audio visual ( multimedia
) dapat meningkatkan pemahaman sampai 200% .
Alat bantu multimedia ( audio visual
) dapat meningkatkan pemahaman sekitar 14% - 38% dan dapat mempengaruhi waktu
yang diperlukan sampai 40% untuk menjelaskan sebuah konsep promosi
Dari pemahaman diatas, dapat ditarik
kesimpulan bahwa aplikasi multimedia akan lebih mampu memengaruhi daya ingat
seseorang dibandingkan dengan penglihatan saja atau pendengaran saja.
Multimedia merupakan sebuah alat bantu yang sangat luarbiasa. Penyajian
multimedia menampilkan visual dalam bentuk gambar, objek dan suara yang menarik sehingga dapat lebih
menarik perhatian dan mempengaruhi daya inget audience. Oleh karena itu,
multimedia merupakan sebuah sarana yang sangat efektif dan menjadi tool yang
ampuh dalam pengajaran, pendidikan, serta untuk meraih keunggulan persaingan
perusahaan dalam melakukan promosi
EmoticonEmoticon