PERALATAN MULTIMEDIA

    Peralatan Multimedia pada masa kini telah mengalami perkembangan. Sebelumnya, alat - alat multimedia yang hanya berupa speaker, monitor dan CPU saja, tetapi saat ini multimedia sudah menggunakan berbagai alat dan media untuk menampilkan fungsi multimedianya, contohnya handphone dan kamera digital. Alat dan media handphone saat ini dilengkapi perangkat multimedia dengan berbagai fasilitas multimedia, seperti teleconference, nonton TV, mengakses internet, dan fasilitas digital. 

    Peralatan dan perangkat multimedia yang lazim digunakan memproduksi sebuah proyek multimedia adalah seperangkat komputer multimedia yang terdiri atas perangkat keras ( hadware ), perangkat lunak ( software), kamera video dan kamera foto digital.

1. PERANGKAT KERAS HADWARE

    Hadware terdiri atas beberapa perangkat yang saling berkerjasama sehingga suatu komputer dapat bekerja dengan baik dari segi mekanis, Berikut perangkat keras ( hadware ) yang ada pada sebuah komputer.

a. Matherbord 
 
    Matherbord merupakan pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponen yang terpasang padanya, mulai mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen PC, mengetur lalu lintas data, piranti penyimpanan ( hardisk, CD Rom) , piranti masukan data            ( kaybord, mouse, scanner ) dan piranti output (printer, monitor).


b. Sound Card 
    
    Soundcard atau kartu suara adalah sebuah perangkat multimedia berbentuk kartu elektronik yang berfungsi untuk mengolah suara pada komputer, soundcard ini terpasang pada matherbord. 
Ada dua tipe soundcard yang umum digunakan yaitu :
1) On board : Jenis soundcard yang terpasang langsung  pada  matherbord 
2) Card        : Jenis soundcard yang terpisah dari matherbord 

  

c. VGA Card ( graphic card/ displayadapter ) 

    VGA card singkatan dari Video Graphics Array card merupakan sebuah perangkat berbentuk kartu elektronik yang berfungsi untuk menghubungkan matherbord dengan monitor. Kartu VGA ini berfungsi juga menampilkan gambar grafik pada tampilan monitor, semakin baik VGA Card yang digunakan semakin baik kualitas gambar yang dihasilkan. 
d. Prosesor 

    Prosesor merupakan otak dan pusat pengendali yang mengontrol berjalannya sistem komputer. Proses berupa sebuah chip, yang sering disebut microprocessor, yang sekarang ukurannya sudah mencapai gigahertz, Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data dan informasi. semakin tinggi prosesor yang digunakan akan semakin cepat kinerja sebuah komputer.
    


e. Hardisk 

    Hardisk merupakan ruang simpan utama dalam sebuah komputer . Disini seluruh sistem operasi dan mekanisme kerja kantor dijalankan. Hardisk terdiri atas beberapa komponen penting. Komponen
utamanya adalah pelat ( platter ) yang berfungsi sebagai penyimpanan data. Pelat ini berupa suatu cakram padat yang berbentuk datar, kedua sisi permukaan dilapisi dengan material khusu sehingga pola-pola magnetis. Pelat ini ditempatkan dalam suatu poros yang disebut spindle, semakin besar ukuran hardisk, akan semakin besar kapasitas data yang mampu disimpan.



f. Memory/ RAM (DDR/SDR)

    Memory adalah perangkat yang berfungsi mengolah data atau intruksi, semakin besar memory yang disediakan, semakin banyak data dan intruksi yang dapat mengelolahnya. Ram adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk menyimpan data, Ram bersifat sementara atau data yang tesimpan dapat dihapus. Memori sangat berpengaruh terhadap kecepatan kinerja komputer, semakin besar ukuran memori, akan semekin berpengaruh terhadap kecepatan komputer.



 g. Video capture card  

      Video capture card adalah sebuah kartu grafis yang berfungsi untuk memindahkan hasil rekaman yang disimpan dalam bentuk kaset mini DV dari kamera ke komputer untuk di jadikan sebuah file dengan format digital ( ovi ), disebut dengan istilah digitized karena proses yang mengubah analog ( kaset video ) menjadi file digital yang di kenal oleh komputer 

h. Power supplay unit 

    Power suplay adalah sebuah perangkat yang ada di dalam CPU yang berfungsi untuk menyalurkan arus listrik ke berbagai peralatan komputer. CPU berfungsi sebagai pengubah tegangan listrik agar bisa digunakan oleh komputer, besar listrik yang mampu ditangani power suplay ditentukan oleh dayanya dan hitungan dengan satuan watt


i. Casing 

    Casing adalah kotak penutup bagian-bagian komputer, seperti prosesor, matherbord dan peripheral lainnya. wadah ini digunakan sebagai tempat untuk melindungi matherbord, control bord, power suplay, disk drive, dan komponen lainnya.






J. Kaybord 
       
    Kaybord adalah sebuah papan yang terdiri dari atas tombol-tombol untuk mengetik kalimat dan symbol-simbol khusus lainnya pada computer. Jumlah seluruh tombol pada kaybord ada 104 tombol. Kaybord mempunyai kesamaan bentuk dan fungsi dengan tuts pada mesin ketik.
    



K. Mouse 
    
     Perangakt mouse berfungsi untuk menggerakan pointer, menunjukan perintah atau program pada layar monitor. Pada mouse terdapat klik kiri 1x berfungsi untuk memilih menu dan icon, sedangkan klik kiri 2x untuk membuka menu yang dituju.








L. DVD Room ( Opic Drive )


   

    DVD atau digital versatile disc adalah perangkat penyimpanan yang menggunakan teknologi optic atau leser untuk menyimpan video atau data lain. Ukuran dan bentuk DVD sama dengan CD (compact disk), namun DVD dapat menyimpan enam kali lebih banyak






 
M.  Speaker Aktif 
   

   



Speker  Aktif adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput, dalam setiap sistem penghasil suara, penentuan kualitas suara terbaik bergantung pada speaker









N. Monitor 

    
 Monitor sering kita sebut juga sebagai layar tampilan computer, istilah monitor biasanya digambarkan pada sebuah kotak layar yang dapat menampilakan sesuatu dari computer, selain itu istilah monitor terkadang digambarkan untuk menilai kemampuan grafis






#sumber : buku multimedia seri-a smk/mak



EmoticonEmoticon