MAANFAAT DAN KELEBIHAN APLIKASI MULTIMEDIA



    Multimedia merupakan sebuah sarana yang sangat efektif dan ampuh dalam bidang pengajaran, 
pendidikan, dan untuk meraih ke unggulan bersaing perusahaan ( promosi ). Adapun bidang kehidupan yang sering memanfaatkan aplikasi multimedia pada saat ini antara lain sebagai berikut :
   
1. Promosi 
 

    Untuk mempromosikan suatu produk, ide, atau gagasan, salah satu cara yang dilakukan ialah dengan melakukan presentasi. Tim kreatif dari sebuah perusahaan biasanya membentuk suatu bentuk presentasi multimedia yang melakukan penawaran, menjual ide, ataupun ketika mengadakan sarana pelatihan.

 2.  Industri Kreatif 

       Di dalam industri kreatif, multimedia digunakan untuk pembuatan iklan, pertunjukan seni komersial, hiburan, pembuatan film-film dengan efek khusus, pembuatan film animasi, pembuatan game multimedia. 

3. Pendidikan dan Penelitian Ilmiah 

    Di dunia pendidikan dan ilmiah, multimedia digunakan sebagai media pembelajaran dengan mempproduksi modul – modul presentasi melalui cd interaktif, pembuatan e-book mengenai materi pembelajaran, pembuatan modeling dan simulasi, serta pembuatan jurnal multimedia.

4. Bidang Teknik  
 
    Sementara itu, dibidang teknik, multimedia melalui perangkat lunaknya (software) digunakan untuk membuat object simulasi dan bentuk animasi 3 dimensi, selain itu digunakan untuk membuat gambar prototype, gambar teknik / gambar tampak. 

5. Dunia Industri 

    Untuk sector industri, multimedia digunakan untuk menyajikan informasi bagi para pemegang saham, rekan kerja ataupun atasan. Multimedia ini juga bermaanfaat untuk memberikan pelatihan karyawan, periklanan dan penjualan produk di seluruh dunia yang hampir tidak terbatas melalui bata.

6. Bidang Kesehatan 

    Dalam bidang kesehatan. Para dokter sering dilatih dengan melihat gambar virtual operasi melalui monitor, membuat simulasi tentang virus yang berkembang, dan membuat gambar teknik untuk mencegahnya.

7. Gambar Dokumen

    Gambar dokumen adalah pengumpulan gambar-gambar melalui scanner dan kamera digital yang konversi dalam format digital

 



     Keunggulan dari multimedia adalah labih menarik bagi indra penglihatan dan pendengaran, karena terdiri atas penggabungan unsur  suar, gambar dan gerak. Lembaga riset penelitian dan pengambangan Computer Technology  Resech ( CTR ) menyatakan bahwa orang yang mampu mengingat 20% dari penglihatan dan 30% dari apa yang didengan dan dan dilihat sekaligus.

     Menurut Munter (1982), multimedia dapat memberikan sumbagan yang sangat besar dalam menambah minat, variasi, dampak serta kemampuan mengingat lebih lama di bandingkan dengan pendengaran saja atau penglihatan saja. 

     Munter menjelaskan bahwa observasi yang mampu menyimpan memori minimal 85%, sedangkan data yang dikumpulkan dan disimpan melalui penglihatan dan pendengaran sekaligus bisa melebihi batas normal. Suatu penelitian menyatakan bahwa alat bantu audio visual ( multimedia ) dapat meningkatkan pemahaman sampai 200% .

      Alat bantu multimedia ( audio visual ) dapat meningkatkan pemahaman sekitar 14% - 38% dan dapat mempengaruhi waktu yang diperlukan sampai 40% untuk menjelaskan sebuah konsep promosi
Dari pemahaman diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa aplikasi multimedia akan lebih mampu memengaruhi daya ingat seseorang dibandingkan dengan penglihatan saja atau pendengaran saja. Multimedia merupakan sebuah alat bantu yang sangat luarbiasa. Penyajian multimedia menampilkan visual dalam bentuk gambar, objek  dan suara yang menarik sehingga dapat lebih menarik perhatian dan mempengaruhi daya inget audience. Oleh karena itu, multimedia merupakan sebuah sarana yang sangat efektif dan menjadi tool yang ampuh dalam pengajaran, pendidikan, serta untuk meraih keunggulan persaingan perusahaan dalam melakukan promosi

 


 
 




EmoticonEmoticon