PENGERTIAN DAN FUNGSI SITUS WEB

1.  Pengertian Desain Web 

 

  
Contoh halaman Web

    Desain web adalah seni dan proses dalam menciptakan halaman web tunggal atau keseluruhan yang bisa melibatkan estetika dan seluk beluk mekanis dari suatu operasi situs web dengan tujuan utama terpusat pada look dan feel dari situs web tersebut. Sebagian aspek yang mungkin tercakup pada desain web atau produksi web adalah menciptakan animasi dan grafis, pemilihan warna, pemilihan font, desain navigasi, menciptakan isi, HTML / XML authoring, Java Scrip programing, dan pengembangan e-commerce.

    Desainer Web adalah orang yang bertugas mendesain halaman web. Tugas desainer web secara umum adalah menentukan look dan feel sebuah situs web. Seorang desainer web yang baik harus mampu memahami seni, program, dan aspek elemen yang ada pada web.

     Secara garis besar, penciptaan desain web didasarkan pada tiga hal yakni estetika, mood, dan konten. Estetika berhubungan dengan keindahan, warna, font, corak, kesesuaian produk dengan keserasian gambar, tipogrfi, dan navigasi. Mood berkaitan dengan pengesanan atau pemberian pesan kepada pengunjung mengenai perasaan dari situs tersebut. Tampilan situs bisa membawa ke masa lalu, masa kini atau masa mendatang, juga bisa membawa rasa sedih, gembira, simpati, dan lain - lain. Beberapa elemen yang mengekpresikan mood ditampilkan melalui warna, teks, layout, gambar grafis, dan efek pendukung lainnya. Konten meliputi isi halaman web yang lengkap, menarik, one stop visiting. Hal yang berkaitan dengan konten misalnya web memiliki situs download, chating, searching, menu member, registrasi, dan info lainnya yang dibutuhkan.

2.  Fungsi Situs Web 

Sebelum mendesain web, sebaiknya kita mengetahui dan memahami bebrapa fungsi dari situs web tersebut. Secara umum situs web mempunyai fungsi sebagai berikut :

a) Fungsi Komunikasi    : Web menyediakan fasilias komunikasi ( chating, forum, dan lain - lain )
b) Fungsi Informasi        : Web menjadi wadah informasi umum  ( News,Profile pengguna, dn lain2 )
c) Fungsi Intertainment  : Situs web manjadi sarana hiburan ( game online, film, musik, dan lain - lain )
d) Fungsi Transaksi         : Situs web dapat dijadikan sarana transaksi online barang dan jasa.




EmoticonEmoticon