Alat Penunjang Produksi Film








 

Produksi Film dengan menggunakan kamera video, perlu ditunjang dengan peralatan tambahan lainya untuk menghasilkan gambar yang maksimal. Beberapa alat penunjang dalam memproduksi film tersebut adalah sebagai berikut:

 

  

 

a.  Tripod 




     Tripod atau kaki tiga adalah alat untuk membantu agar badan kamera bisa berdiri tegak dan tegar. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kelelemahan kameramen ketika pengambilan gambar dan mengurangi gangguan/ noise yang ditimbulkan oleh guncangan kameramen. Tripod biasanya digunakan bila melakukan shooting dalam waktu yang lama, dan pada saat bukaan lensa kamera menggunakan kecepatan yang rendah. 



b.  Lighting Pencahayaan 

 



    Adalah melukis dengan cahaya. Unsur cahaya sangat berarti dalam pembuatan film. Cahaya yang diperoleh dari lampu ( buatan/ artifisial ? atau cahaya matahari. Cahaya adalah sebuah gelombang elektromagnetik yang diterima oleh indra penglihat (mata) , kemudian diteruskan ke otak yang akan merespon dan menanggapi rangsangan cahaya tersebut .
Dalam memproduksi film cahaya dibutuhkan untuk membantu menyinari objek pada saat produksi, sehingga objek dapat terlihat dengan jelas sesuai dengan konsep film, tanpa cahaya maka sebuah film berfungsi untuk menyinari fobjek/ subjek, menciptakan gambar yang artistik, menghilangkan bayangan yang tidak diperlukan, serta membuat efek-efek khusus. 

c.  Dolly 






    Adalah sebuah alat bantu untuk suport kamera agar tidak goyang. Alat ini berbentuk seperti kursi yang memiliki roda dibawahya atau bisa juga terhubung dengan rel, agar bisa leluasa bergerak kesegala arah, atau mengikuti arah rel, sehingga kamera akan tetap stabil walaupun dalam keadaan bergerak. 


d.  Padestal 




    Adalah sebuah alat bantu kamera yang panjang dan berbentuk seperti belalai, ujung padestal yang satu merupakan temapat memasang kamera, sedangkan pada ujung lainnya terdapat pemberat dan pegangan tangan, sebagai tempat untuk mengatur pergerakan kamera dari arah atas/ ketinggian. 



e.  Floating stabilizer device 






    Floating stabilizer device adalah alat bantu pada kamera, sehingga kameramen dapat mengikuti objek pada gerakan yang berliku-liku, seperti mengikuti objek pada saat melalui lorong-lorong, pintu , ruangan - ruangan di dalam gedung, Mesin ini cukup rumit dan mahal.






      


EmoticonEmoticon