JENIS - JENIS RANCANGAN WEBSITE





Langkah pertama sebelum kita membuat website adalah perencanaan, perencanaan judul atau nama website yang akan kita buat, isi atau topik yang akan kita muat, dan tentunya rancangan website atau desain view yang menjadi ciri khas kita. Berikut ini jenis - jenis Rancangan Website, diantaranya sebagai berikut :


1. Web  Static

    Web static adalah jenis website yang mana pengguna tidak bisa mengubah konten dari web tersebut secara langsung menggunakan browser. Interaksi yang terjadi antara pengguna dan server hanya seputar pemrosesan link saja. Jenis web ini menggunakan client side scrip, yaitu scrip - scrip yang dapat dimengerti oleh komputer client  saja ( dalam hal ini browsher ) seperti html, java scrip, css, dan lain - lain.



 2. Web Dinamsi

    Dalam Web dinamis, Interaksi yang terjadi antara pengguna dan server sangat kompleks, seseorang bisa merubah konten dari halaman tertentu dengan menggunakan browser.  Permintaan yang dikirimkan oleh pengguna dapat di proses oleh server untuk kemudian ditampilkan dalam isi yang berbesa-beda menurut alur programnya. Jenis web ini menggunakan server side script, yaitu bahasa pemrograman yang dapat diproses oleh server untuk kemudian di tampilkan di browsher pengguna dengan client side script.
    Contoh web dinamis adalah forum-forum yang ada di internet . Dalam web dinamis, kita bisa mengisi content dari web tersebut, mengubah data diri, dan mengirimkan pesan, kita bisa mengisi content dari web tersebut, mengubah data diri, dan mengirimkan pesan.

    Berikut ini jenis - jenis website  dinamis yang masih beredar dan mulai menjadi trend. 

a. Basic

    Secara umum, website basic disediakan untuk publikasi infoemasi. Adapun informasi yang disediakan adalah beraneka ragam profile pribadi hingga company prodile. Fokus situs ini adalah publikasi informasi. 




contoh company profile dalam tampilan website

b. Search Engine 

   Situs search angine adalah situs yang menyediakan mesin pencari, Search engine secara otomatis mencari otomatis mencari dan menyimpan data situs - situs yang beredar di internet. Adapun materi yang dapat dicari adalah segala sesuatu yang tergabung di dalam website yang terhubung di internet, seperti mencari sebuah alamat website, atau mencari file-file multimedia dan grafis yang terkandung di dalam website. Dalam hal ini, situs - situs lain berlomba-lomba untuk menduduki tempat tertinggi untuk dapat dicari oleh search engine. Fokus situs ini adalah sebagai mesin pencari situs lain, misalnya: google, yahoo, MSN, dan lain - lain. 

c. Portal 

    Situs jenis portal merupakan pintu gerbang bagi situs lain seperti halnya juga search engine. Tetapi di dalam portal, situs-situs lebih tersusun untuk disajikan. Berbeda dengan serch engine situs-situs bukan dicari datanya secara otomatis oleh mesin pencari melainkan disimpan dan dikelola oleh pengelola portal secara dictionary. Umumnya portal-portal besar juga menyediakan layanan internet lain seperti email bagi member dan lain - lain . Fokus situs ini adalah sebagai gerbang dan facebook bagi situs lain. 



contoh tampilan portal site

d. Blog 

   Blog merupakan buku panduan yang terpublikasi di internet. Seorang pengelola blog dapat dengan bebas menuangkan pikirannya dalam bentuk tulisan melalui website ini. Tulisan tersebut selanjutnya disimpan di database dan dipublikasikan di internet. Fungsional situs ini adalah publikasi dalam bentuk artikel di internet. Fokus situs ini adalah management artikel. 


 e. Networking 

    Situs jenis networking adalah situs penyedia yang menampung para member untuk membentuk suatu komunitas. Member-member di dalam website ini saling berkomunikasi dan bertukar pikiran. Didalam website ini sesama member dapat saling berkenalan  dan menjamin relasi satu sama lain. Pertukaran pesan dan tesimonial pun terjadi di antara member yang belum atau sudah menjalin relasi. 
Fokus situs ini adalah friend realitionship atau berteman dan berkomunikasi di dalam internet. 

f. Forum 

   Forum merupakan situs membersip seperti halnya networking, namun situs forum tidak berfokus dalam frien realitionship seperti situs networking. Situs ini lebih berfokus sebagai ajang diskusi di internet, Adapun diskusi berbentuk tulisan yang di posting oleh member diorganisasikan dengan lebih baik hingga perkategori yang terdiri atas berbagai sub. Tujuannya situs ini adalah sebagai wadah saling bertukar pikiran dalam berdiskusi, dengan kata lain, fokus situs ini adalah forum diskusi online.

 contoh Forum Site

 G. News 

    News site adalah situs yang mengelola berita untuk di publikasi kan lewat internet. Pengelola website dapat mengelola tulisan dan mengatur berita. Dengan demikain, pengguna internet dapat melihat informasi berita tersebut melalui websit. Fokus situs ini adalah management berita.

contoh news site
 
H. Event Organizer 

    Situs jenis ini adalah situs yang mengelola menejemen informasi pengadaan acara. Informasi yang disajikan situs ini biasanya berorientasi waktu, misalnya informasi tentang waktu penyelenggaraan diadakannya sebuah event yang terlewatkan dan event yang akan diadakan nanyinya. Di dalam juga memuat keterangan tentang event tersebut dan judul event. Fokus situs ini adalah sebagai manajemen informasi evnet.


contoh event  organizer site


J. Gallery 

    Gallery site menyediakan fasilitas foto dan gambar secara online. Pengelola website dapat menyimpan foto atau gambar yang diinginkan lalu di kategorikan, dimanage, untuk selanjutnya di publikasikan. Fokus situs ini adalh foto, gambar dan video.
     contoh Gallery site

K.  E-commerce 

    Situs dengan sistem e-comerce adalah situs yang betujuan untuk melakukan perdagangan melalui internet. Pengelola dapat mengorganisir barang-barang yang ingin dijual lalu mempublikasikanya secara online beserta haganya. Ada juga yang menyediakan transaksi online melalui website ini. Yang jelas dalam hal ini website dimanfaatkan sebagai toko di dalam internet. Fokus situs ini adalah perdangan online.


 contoh E-commerce

L. E-learning 

   E-learning merupakan situs yang menyediakan pembelajaran online melalui intenet. Pembelajaran dilakukan berbagai media seperti tulisan, gambar, dan multimedia. Fokus situs ini adalah pembelajaran on-line.

 
 contoh E-learning 


Dari kesemua website diatas tidak mengherankan bila terjadi fasilitas dari satu atau beberapa jenis situs ada di dalam satu situs utama, Misalnya situs networking seperti friendster dan multipy menyediakan juga fasilitas bloging dan e-comerce. Untuk mendapatkan jenis dari situs - situs tesebut dapat ditentukan dari fokus mana situs tersebut dibuat.

2 komentar

Wa kuwe website dinamis udu dinamsi , heheheh

kunjungi nggone aku wa,tembe gawe teksih amburadul heheh
http://dederizkycell.blogspot.co.id/


EmoticonEmoticon