MACAM - MACAM PROGRAM WEB DESIGN

 
       Salah satu pemrograman web adalah HTML. Software ini bisa dibangun cukup dengan notepad yang sudah berada di dalam sistem operasi windows. Adapun software yang bisa digunakan untuk mengedit dan memeriksa kembali halaman web dapat di instal software antara lain :  Notepad ++, Dreamweafer, PHP Editor, dan lain - lain. Beberapa software pendukung dalam merancang webstatis, misalnya Photoshop, CorelDraw, Macromedia Flash, dan lain - lain.

Berikut macam-macam software pembuat web yang biasa digunakan : 


1. Bahasa Pemrograman HTML

    Hyper Text Markup Language ( HTML ) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser internet.

2. Bahasa Pemrograman PHP

    PHP adalah bahasa pemrograman script yang paling banyak dipakai saat ini. PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama FI ( Form Interpreted ), yang wujudnya berupa sekumpulan script yang digunakan untuk mengolah data form dari web.

3. Bahasa Pemrograman ASP

    ASP singkatan dari Active Server Pegas merupakan salah satu bahasa pemrograman web yang menciptakan halaman web yang dinamis. ASP merupakan salah satu produk teknologi yang disediakan oleh microsoft. ASP bekerja pada web server dan merupakan server side scripting.

4. Bahasa Pemrograman XML

    XML atau Extensible Markup Languaage adalah bahasa markup serbaguna yang di rekomondadikan W3C untuk mendeskripsikan berbagai macam data. XML menggunakan markup tegs seperti halnya HTML nemun penggunaannya tidak terbatas pada tampilan halaman web saja. XML merupakan suatu metode dalam membuat penanda/ merkup pada sebauh dokumen. 

5. Bahasa Pemrograman WML 

    WML kepanjangan dari Wireless Markup Language, yaitu bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi berbasis XML ( eXtensible Markup Language ). WML adalah bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi wireless. WML merupakan analogi dari HTML yang berjalan pada protokol nirkabel. 

6. Bahasa Pemrograman PERL 

    PERL adalah bahasa pemrograman untuk mesin dengan sistem operasi Unix ( SunOS, Linux, BSD, HP-UX). PERL juga tersedia untuk sistem operasi seperti DOS, Windows, Power PC, BeOS, VMS, EBCDIC, PERL merupakan bahasa pemrograman yang mirip bahasa pemrograman C. 

7. Bahasa Pemrograman CFM 

    CFM dibuat menggunakan tag ColdFusion dengan software Adobe Cold Fusion/ Blue Dragon/ Coldfusion Studio. Syntax ColdFusion berbasis HTML 

8. Bahasa Pemrograman Java Script

    Java Script adalah bahasa scripting handal yang bejalan pada sisi client. Java Script merupakan sebuah bahasa script handal yang dikembangkan oleh Netscape. Untuk menjalankan script yang ditulis dengan java script kita membutuhkan java script enable browser yaitu browser yang mampu menjalankan Java Script. 

9. Bahasa Pemrograman CSS
    
    Cascading Style Sheets ( CSS ) adalah suatu bahasa stylessheet yang digunakan untuk mengatur tampilan suatu dokument yang ditulis dalam bahasa markup. Penggunaan yang paling umum dari CSS adalah untuk memformat halaman web yang ditulis dengan HTML dan XHTML 



#sumber  :multimedia smk_seri-d


EmoticonEmoticon